Home Berita Disdik Kabupaten Bogor Berikan Fleksibilitas Kegiatan Belajar

Disdik Kabupaten Bogor Berikan Fleksibilitas Kegiatan Belajar

Secara teknis letak geografis di Kabupaten Bogor masih banyak wilayah yang belum terjangkau sinyal internet, sehingga hal itu kerap dikeluhkan para orang tua siswa disaat adanya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di tengah masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Selain itu, kuota internet pun menjadi kendala, terlebih bagi orangtua siswa yang ekonominya terdampak pandemi Covid-19.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor, Atis Tardiana mengakui bahwa sistem belajar secara online kerap dikeluhkan orangtua. Bahkan, kata Atis sistem belajar jarak jauh (daring) kurang efektif bagi perkembangan pendidikan anak.

Bahkan, sejak Covid-19 melanda, keluarga yang tingkat ekonominya lemah terpaksa harus gigit jari karena tidak memiliki telepon seluler.

Menurut Atis, pihaknya masih harus menunda pelaksanaan pembelajaran secara tatap muka hingga ada keputusan dari Gugus Tugas Kabupaten Bogor.

“Sudah diputuskan, sementara untuk KBM masih belum bisa untuk tatap muka, tentu ada kreatifitas sekolah agar tetap daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) bisa dilakukan untuk yang terbatas jaringan akses internet,” ujar Atis, Jumat (17/7/2020).

Menyiasati hal itu, pihaknya ikut melibatkan para guru dalam memberi penugasan ke rumah setiap anak didik dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sementara untuk siswa sekolah dasar (SD) tanggung jawabnya dibebankan kepada wali kelasnya masing-masing. Adapun metodenya dengan mengunjungi rumah dari pintu ke pintu, kemudian meluangkan waktu beberapa jam untuk memberi tugas melalui orangtua siswa.

“Orangtua juga tidak semua punya android ya, hal-hal itu lah menjadi kajian kita juga. Makanya misalkan dilakukan daring, kemungkinan ada fleksibilitas atau antara daring dan luring disandingkan. Yang bisa daring ya daring, yang bisa luring ya luring,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Lagi, Gempa Bumi Guncang Bayah Banten

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi mengguncang Bayah, Banten, Kamis (6/8/2020). Gempa bermagnitudo 3,3 terjadi pukul 14.40 WIB

Kue Geplak, Kuliner Betawi yang Kalah Tenar dari Kerak Telor

Apa yang terlintas saat mendengar kuliner Betawi? Yang ada di kepala kita pasti makanan tradisional seperti kerak telor dan bir pletok. Tapi...

17 Agustus, Masyarakat Indonesia Diminta Sikap Sempurna dan Berdiri Tegak

Tanggal 17 Agustus diperingati sebagai hari kemerdekaan Republik Indonesia. Tahun ini bangsa Indonesia akan merayakan 75 tahun merdekanya Indonesia.

Jejak Peradaban Megalitikum Tertua Indonesia di Lembah Bada

Berdasarkan catatan Pusat Arkeologi Nasional, terdapat 42 situs megalitik di Sulawesi Tengah. Yang paling terkenal dan menyita perhatian publik adalah situs zaman...

Komentar terkini