Home Jejak Artefak Dibangun Abad Ke-4, Batujaya Kompleks Candi Tertua di Indonesia

Dibangun Abad Ke-4, Batujaya Kompleks Candi Tertua di Indonesia

Berbicara candi di Jawa Barat, orang tentunya akan menyebut nama Candi Cangkuang yang berada di Kabupaten Garut. Namun ternyata ada satu candi yang lokasinya tidak jauh dari Jakarta, yaitu di Kabupaten Karawang.

Selama ini Karawang identik dengan wilayah industri mengingat banyaknya pabrik di sana, namun baru-baru ini ditemukan sebuah candi yang disebut-sebut tertua di Indonesia, yaitu Candi Batujaya.

Percandian Batujaya pertama kali diteliti tim jurusan Arkeologi Fakultas Sastra Universitas Indonesia tahun 1985. Di area tersebut diketahui memiliki 30 situs candi serta tempat pemujaan.

Komplek candi yang berada di area persawahan ini, dari hasil penelitian telah ada sejak abad keempat. Candi Batujaya sendiri merupakan peninggalan dari Kerajaan Tarumanegara.

Pada masa tersebut komplek percandian Batujaya digunakan sebagai tempat peradaban religi masyarakat Hindu-Budha saat itu. Masyarakat setempat juga pernah menemukan artefak dan fosil pra sejarah di sekitar kawasan candi.

Di sekitar kawasan Candi Batujaya juga terdapat dua candi utama, yaitu Candi Jiwa dan Candi Blandongan. Keduanya sudah diekskavasi oleh tim peneliti. Candi Jiwa yang berbentuk bujur sangkar berukuran 19 meter x 19 meter dan Candi Blandongan yang berukuran 25,33 meter x 25,33 meter.

Tidak seperti candi-candi lainnya di Batujaya, Candi Jiwa tidak memiliki anak tangga dan ukiran relief seperti candi pada umumnya bercorak Hindu dan Buddha. Hal ini lantaran prosesi upacara tak dilakukan di bagian atas candi, melainkan di sekitarnya.

Selain itu, masih ada beberapa reruntuhan dan gundukan tanah yang diduga terdapat situs kuno di dalamnya. Melalui surat keputusan Kemendikbud nomor 76/M/2019, komplek percandian Batujaya menjadi kawasan cagar budaya nasional.

Percandian Batujaya yang dibangun dengan arsitektur yang begitu kompleks dan berada dekat Sungai Citarum seolah memberikan bukti peradaban Nusantara berasal dari orangorang berbekal teknologi tinggi di masanya.

sumber: tirto.id, nationalgeographic.grid.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Banten : Tanah Para Ksatria

Mungkin kita sepakat bahwa saat ini Banten adalah tanahnya para jawara. Tidak terhitung sudah berapa jumlah pendekar yang dihasilkan daerah itu dari...

Penyamun Kidul, Si Pengacau Kompeni

Pasca merengkuh Tanah Priangan dari Mataram melalui serangkaian perjanjian di tahun 1677, Kompeni tidak langsung mengurus wilayah barunya itu. Di samping maskapai...

Pembagian Wilayah Cirebon Dari Masa Ke Masa

Sejak dirintis oleh Pangeran Walangsung a.k.a Pangeran Cakrabuana di era Pajajaran akhir, Cirebon telah mengalami perkembangan yang luar biasa. Pedukuhan kecil yang...

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Komentar terkini