Home Jejak Artefak Cerita Warga Pangandaran Temukan Gigi Hiu Purba Megalodon

Cerita Warga Pangandaran Temukan Gigi Hiu Purba Megalodon

Seorang warga Pangandaran, Banten menemukan sebuah batu yang diduga gigi hiu purba Megalodon. Penemuannya ini menjadi perhatian warganet pada akhir tahun 2019 lalu.

Nanang Mulyadi, warga Dusun Ciwangkal, RT 03, RW 01, Desa Cimindi, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran tak menyangka batu yang ditemukan salah seorang pekerjanya itu merupakan bagian tubuh hewan purba.

Media daring kapol.id mengisahkan bagaimana Nanang menemukan batu yang diduga gigi hiu purba Megalodon. Saat itu, Nanang sedang membangun sebuah warung di depan rumahnya dan menggunakan batu cabluk sebagai penutup bagian dasar warungnya.

Ia lalu membeli batu cabluk di dekat Sungai Ciwayang yang mana saat ini sedang dilakukan penataan untuk kawasan wisata bodyrafting.

“Saat membangun warung, saya menggunakan batu cabluk sebagai penutup bagian dasar. Saya sengaja membeli batu cabluk di dekat Sungai Ciwayang yang mana saat ini sedang dilakukan penataan untuk kawasan wisata bodyrafting,” kata Nanang.

Namun, tiba-tiba salah seorang pekerja menghampirinya dan mengatakan menemukan batu yang diduga peninggalan purbakala. Nanang lalu membersihkan batu tersebut hingga mengkilap. Dia kemudian mengunggah foto batu itu ke media sosial.

Salah seorang rekannya lalu mengatakan jika batu itu mirip dengan gigi hiu purba Megalodon. Nanang pun searching di internet dan menemukan kemiripan antara batu temuannya dengan gigi hiu purba Megalodon.

Penemuan batu yang diduga berasal dari gigi hiu purba Megalodon juga pernah terjadi di Amerika Serikat. Pasangan Jessica Rose-Standafer Owens dan Simon Chandley Owens asal North Carolina, pada Agustus 2019 lalu menemukannya  di Pantai Wrightsville. Bentuk dan panjang giginya pun sangat mirip dengan apa yang ditemukan oleh Nanang. Panjangnya 14 cm atau 5,75 inci dan memiliki berat kurang dari setengah kilogram.

Batu tersebut kemudian diserahkan kepada ahli geologi di College of Charleston. peneliti itu akhirnya memastikan bahwa fosil yang mereka temukan adalah fosil gigi Hiu Megalodon yang usianya mencapai lima juta tahun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Transformasi Layanan Psikologi Balanceway.id Di Tengah Pandemi COVID-19

Hampir mendekati 1 tahun kita berada di tengah pandemi Covid-19, hal ini memaksa semua bidang untuk beradaptasi dengan lebih cepat. Banyak kesulitan...

Klenteng Tjo Soe Kong Tanjung Kait: Kokoh diterjang Tsunami Letusan Krakatau Tahun 1883

Sekitar Agustus 1883, Hujan abu panas turun di Ketimbang atau saat ini dikenal dengan nama desa Banding, Rajabasa, Lampung. Kurang lebih 1000...

Rumah Multatuli: Cagar Budaya Terabaikan dari Sang Pemilik Tinta Emas

Berbagai situs bersejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah hingga masa kolonialisme, masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Namun sayang, ada beberapa...

Komentar terkini