Home Jejak Artefak Cerita Warga Pangandaran Temukan Gigi Hiu Purba Megalodon

Cerita Warga Pangandaran Temukan Gigi Hiu Purba Megalodon

Seorang warga Pangandaran, Banten menemukan sebuah batu yang diduga gigi hiu purba Megalodon. Penemuannya ini menjadi perhatian warganet pada akhir tahun 2019 lalu.

Nanang Mulyadi, warga Dusun Ciwangkal, RT 03, RW 01, Desa Cimindi, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran tak menyangka batu yang ditemukan salah seorang pekerjanya itu merupakan bagian tubuh hewan purba.

Media daring kapol.id mengisahkan bagaimana Nanang menemukan batu yang diduga gigi hiu purba Megalodon. Saat itu, Nanang sedang membangun sebuah warung di depan rumahnya dan menggunakan batu cabluk sebagai penutup bagian dasar warungnya.

Ia lalu membeli batu cabluk di dekat Sungai Ciwayang yang mana saat ini sedang dilakukan penataan untuk kawasan wisata bodyrafting.

“Saat membangun warung, saya menggunakan batu cabluk sebagai penutup bagian dasar. Saya sengaja membeli batu cabluk di dekat Sungai Ciwayang yang mana saat ini sedang dilakukan penataan untuk kawasan wisata bodyrafting,” kata Nanang.

Namun, tiba-tiba salah seorang pekerja menghampirinya dan mengatakan menemukan batu yang diduga peninggalan purbakala. Nanang lalu membersihkan batu tersebut hingga mengkilap. Dia kemudian mengunggah foto batu itu ke media sosial.

Salah seorang rekannya lalu mengatakan jika batu itu mirip dengan gigi hiu purba Megalodon. Nanang pun searching di internet dan menemukan kemiripan antara batu temuannya dengan gigi hiu purba Megalodon.

Penemuan batu yang diduga berasal dari gigi hiu purba Megalodon juga pernah terjadi di Amerika Serikat. Pasangan Jessica Rose-Standafer Owens dan Simon Chandley Owens asal North Carolina, pada Agustus 2019 lalu menemukannya  di Pantai Wrightsville. Bentuk dan panjang giginya pun sangat mirip dengan apa yang ditemukan oleh Nanang. Panjangnya 14 cm atau 5,75 inci dan memiliki berat kurang dari setengah kilogram.

Batu tersebut kemudian diserahkan kepada ahli geologi di College of Charleston. peneliti itu akhirnya memastikan bahwa fosil yang mereka temukan adalah fosil gigi Hiu Megalodon yang usianya mencapai lima juta tahun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Misteri Desa Karang Kenek: Kutukan atau Kebetulan?

Jika kita berbicara soal misteri, negara kita pasti selalu masuk daftar negara dengan banyak hal unik serta misteri-misteri yang belum terpecahkan. Beberapa...

Misteri Batu Bleneng di Tol Cipali

Bukan hanya hutan, gunung, laut, jembatan, ternyata jalan tol di Indonesia juga ada yang menyimpan misteri yang hingga saat ini belum terpecahkan.

Sunda Land awal Peradaban Dunia

Istilah “Atlantis” mungkin merupakan sebuah istilah yang sudah kita dengar. Bahkan pada 2001, sebuah industri film di Amerika Serikat membuat film animasi...

Gunung Padang: Dugaan tentang Piramida Tertua di Dunia

Selain kaya akan budaya, Indonesia juga dikenal sebagai negara yang kaya akan situs-situs sejarah, mulai dari candi, tugu, gedung-gedung, dan situs-situs lain...

Komentar terkini