Home Kesehatan Cek Fakta Bawang Putih Bisa Turunkan Kolesterol

Cek Fakta Bawang Putih Bisa Turunkan Kolesterol

Usai shalat Idul Adha pasti dilanjutkan dengan menyembelih hewan kurban. Biasanya daging hewan kurban diolah menjadi beragam aneka kuliner.

Mengkonsumsi daging berlebihan acap kali terjadi usai Idul Adha seperti saat ini. Akibatnya tak jarang orang terkena penyakit kolesterol atau bahkan kolesterol kambuh.

Ingin praktis, orang yang memiliki kolesterol tinggi biasanya mencoba obat herbal atau mengkonsumsi bumbu dapur yang dianggap bisa menurunkan kolesterol, salah satunya bawang putih.

Namun benarkah bawang putih dapat menurunkan kolesterol?

Dikutip dari Healthline, terdapat sebuah penelitian meta-analisis tahun 2009 yang menyatakan bahwa bawang puting tidak dapat mengurangi kolesterol secara khusus.

Meski sesungguhnya konsumsi bawang putih memang baik untuk kesehatan tubuh.

Sementara itu, WebMD melaporkan sebuah penelitian yang menguji konsumsi bawang putih mentah. Tak hanya yang mentah, peneliti juga menguji konsumsi  suplemen bawang putih terhadap 200 orang dewasa dengan kadar kolesterol yang cukup tinggi.

Setelah enam bulan, pasien tidak menunjukkan adanya perbaikan kadar kolesterol rata-rata atau lemak darah lainnya.

Berdasarkan serangkaian penelitian di atas, pernyataan bahwa bawang putih dapat merendahkan kadar kolesterol dipastikan mitos belaka.

Selain mengkonsumsi obat-obat penurun kolesterol dari dokter, bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi diharuskan menjalani pola hidup sehat. Seperti misalnya berolahraga ringan dan hindari stres.

Tak hanya itu, penderita kolesterol tinggi juga wajib makan-makanan yang sehat seperti sayur dan buah, menghindari makanan berlemak dan daging berlebih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Sunda, Pakuan, dan Pajajaran: Menggali Akar Historis Konseptual

Pada mulanya, saya sangat kesulitan untuk membedakan apa itu Sunda, Pakuan, dan Pajajaran. Meski tampak sebagai hal yang lazim, pada perkembangannya hal...

Apakah Kerajaan Tertua Nusantara Ada Di Jawa?

Dalam reportase Republika mengenai Khazanah Ke-Tionghoa-an Indonesia tahun 2017, saya menyatakan bahwa gerak massif migrasi etnis Tionghoa ke Nusantara terjadi sejak sekitar...

Peace Treaty Pajajaran-Cirebon: Perjanjian Perdamaian dengan Dasar Kekeluargaan

Pada tahun 1482, Prabu Jayadewata dinobatkan sebagai penguasa Sunda-Galuh dan berkedudukan di Keraton Sanghyang Sri Ratu Dewata, Kedatuan Sri Bima Punta Narayana...

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Komentar terkini