Home Kesehatan Cek Fakta Bawang Putih Bisa Turunkan Kolesterol

Cek Fakta Bawang Putih Bisa Turunkan Kolesterol

Usai shalat Idul Adha pasti dilanjutkan dengan menyembelih hewan kurban. Biasanya daging hewan kurban diolah menjadi beragam aneka kuliner.

Mengkonsumsi daging berlebihan acap kali terjadi usai Idul Adha seperti saat ini. Akibatnya tak jarang orang terkena penyakit kolesterol atau bahkan kolesterol kambuh.

Ingin praktis, orang yang memiliki kolesterol tinggi biasanya mencoba obat herbal atau mengkonsumsi bumbu dapur yang dianggap bisa menurunkan kolesterol, salah satunya bawang putih.

Namun benarkah bawang putih dapat menurunkan kolesterol?

Dikutip dari Healthline, terdapat sebuah penelitian meta-analisis tahun 2009 yang menyatakan bahwa bawang puting tidak dapat mengurangi kolesterol secara khusus.

Meski sesungguhnya konsumsi bawang putih memang baik untuk kesehatan tubuh.

Sementara itu, WebMD melaporkan sebuah penelitian yang menguji konsumsi bawang putih mentah. Tak hanya yang mentah, peneliti juga menguji konsumsi  suplemen bawang putih terhadap 200 orang dewasa dengan kadar kolesterol yang cukup tinggi.

Setelah enam bulan, pasien tidak menunjukkan adanya perbaikan kadar kolesterol rata-rata atau lemak darah lainnya.

Berdasarkan serangkaian penelitian di atas, pernyataan bahwa bawang putih dapat merendahkan kadar kolesterol dipastikan mitos belaka.

Selain mengkonsumsi obat-obat penurun kolesterol dari dokter, bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi diharuskan menjalani pola hidup sehat. Seperti misalnya berolahraga ringan dan hindari stres.

Tak hanya itu, penderita kolesterol tinggi juga wajib makan-makanan yang sehat seperti sayur dan buah, menghindari makanan berlemak dan daging berlebih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Lorong Kuno di Bekasi Tempat Pembantaian Tentara Jepang? Ini Kata Sejarawan

Soal lorong kuno yang ditemukan di bawah stasiun Bekasi disebut sebagai bekas tempat pembantaian tentara Jepang, sejarawan asal Bekasi Ali Anwar memberi...

Relief Candi Borobudur Ungkap Puluhan Tanaman Jawa Kuno

Puluhan spesies tumbuhan era Jawa kuno terungkap melalui identifikasi relief kisah Lalitavistara di Candi Borobudur. Identifikasi itu dilakukan Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan...

Kerupuk Melarat, Camilan Renyah Digoreng Pakai Pasir

Santap siang selain pakai nasi panas dan sambal pedas, ada satu lagi yang tak boleh dilupakan, yaitu kerupuk. Kerupuk bagi banyak orang...

Smartphone Android Bakal Bisa Deteksi Gempa Bumi

Informasi yang simpang siur serta deteksi dini yang masih minim saat terjadi gempa bumi mendorong ahli untuk merancang deteksi gempa yang terhubung...

Komentar terkini