Home Kesehatan Cek Fakta Bawang Putih Bisa Turunkan Kolesterol

Cek Fakta Bawang Putih Bisa Turunkan Kolesterol

Usai shalat Idul Adha pasti dilanjutkan dengan menyembelih hewan kurban. Biasanya daging hewan kurban diolah menjadi beragam aneka kuliner.

Mengkonsumsi daging berlebihan acap kali terjadi usai Idul Adha seperti saat ini. Akibatnya tak jarang orang terkena penyakit kolesterol atau bahkan kolesterol kambuh.

Ingin praktis, orang yang memiliki kolesterol tinggi biasanya mencoba obat herbal atau mengkonsumsi bumbu dapur yang dianggap bisa menurunkan kolesterol, salah satunya bawang putih.

Namun benarkah bawang putih dapat menurunkan kolesterol?

Dikutip dari Healthline, terdapat sebuah penelitian meta-analisis tahun 2009 yang menyatakan bahwa bawang puting tidak dapat mengurangi kolesterol secara khusus.

Meski sesungguhnya konsumsi bawang putih memang baik untuk kesehatan tubuh.

Sementara itu, WebMD melaporkan sebuah penelitian yang menguji konsumsi bawang putih mentah. Tak hanya yang mentah, peneliti juga menguji konsumsi  suplemen bawang putih terhadap 200 orang dewasa dengan kadar kolesterol yang cukup tinggi.

Setelah enam bulan, pasien tidak menunjukkan adanya perbaikan kadar kolesterol rata-rata atau lemak darah lainnya.

Berdasarkan serangkaian penelitian di atas, pernyataan bahwa bawang putih dapat merendahkan kadar kolesterol dipastikan mitos belaka.

Selain mengkonsumsi obat-obat penurun kolesterol dari dokter, bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi diharuskan menjalani pola hidup sehat. Seperti misalnya berolahraga ringan dan hindari stres.

Tak hanya itu, penderita kolesterol tinggi juga wajib makan-makanan yang sehat seperti sayur dan buah, menghindari makanan berlemak dan daging berlebih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Transformasi Layanan Psikologi Balanceway.id Di Tengah Pandemi COVID-19

Hampir mendekati 1 tahun kita berada di tengah pandemi Covid-19, hal ini memaksa semua bidang untuk beradaptasi dengan lebih cepat. Banyak kesulitan...

Klenteng Tjo Soe Kong Tanjung Kait: Kokoh diterjang Tsunami Letusan Krakatau Tahun 1883

Sekitar Agustus 1883, Hujan abu panas turun di Ketimbang atau saat ini dikenal dengan nama desa Banding, Rajabasa, Lampung. Kurang lebih 1000...

Rumah Multatuli: Cagar Budaya Terabaikan dari Sang Pemilik Tinta Emas

Berbagai situs bersejarah Indonesia, mulai dari zaman prasejarah hingga masa kolonialisme, masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Namun sayang, ada beberapa...

Komentar terkini