Home Teknologi Canggihnya MVF-5, Robot Pemadam Kebakaran Milik Pemprov DKI

Canggihnya MVF-5, Robot Pemadam Kebakaran Milik Pemprov DKI

Robot dengan nama asli Dok-Ing MVF-5 U3 milik Pemprov DKI ini didesain untuk melakukan tugas darurat di tempat bencana. Tidak hanya fitur pemadam kebakaran, robot MVF-5 hadir dengan beragam perlengkapan penyelamatan lainnya.

Dikutip dari voi.id, robot MVF-5 ini dapat dioperasikan menggunakan remote hingga jarak pandang 1,5 meter. Dengan kecanggihan fitur yang dimilikinya, diharapkan petugas pemadam kebakaran terhindar dari resiko yang berbahaya.

Robot pemadam milik Pemprov DKI ini dibekali dengan baterai yang dapat bertahan dengan pemakaian 10 jam serta dilengkapi dengan sistem sembilan kamera video dan layar untuk memonitor secara langsung.

Selain itu di badan robot terdapat pisau doser dan capit yang bisa diputar dan mendorong sebuah beban seberat 10 ton, juga 2 ton mencapit dan mengangkat. Beban yang diangkat seperti mobil, truk rusak pasca kecelakaan lalu lintas.

MVF-5 ini memiliki penampungan air yang dibagi menjadi tiga bagian, dapat berputar 360 derajat dengan monitor Ziegler Jerman. Dapat menampung 55 meter air dan 45 meter busa. Sistem busa pompa roda gigi dapat diatur tiga sampai enam persen.

Sektor pacu MVF-5 terdapat mesin perkins TD-250 Tk berpendingin air dengan kapasitas 240 liter yang dapat beroperasi 16 jam non-stop. MVF-5 bisa menempuh dengan kemiringan medan mendaki 30 derajat.


Lebih lengkap, sebagai alat pengurai material kebakaran juga, Robot MVF-5 juga berfungsi sebagai alat pengurai material kebakaran. Dirinya dapat membuka dan mendorong tumpukkan material atau bahan-bahan yang bertumpuk dan sekaligus menyemprotkan air ke titik api yang tertutup oleh tumpukan material.

Tak hanya kebakaran gedung, rumah, SPBU dan pabrik, MVF-5 juga dapat diperbantukan membantu memadamkan api di dalam terowongannya dengan menggunakan rail kit yang didesain untuk mengangkut LUF60 dengan kecepatan maksimal 40km/jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Relief Candi Borobudur Ungkap Puluhan Tanaman Jawa Kuno

Puluhan spesies tumbuhan era Jawa kuno terungkap melalui identifikasi relief kisah Lalitavistara di Candi Borobudur. Identifikasi itu dilakukan Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan...

Kerupuk Melarat, Camilan Renyah Digoreng Pakai Pasir

Santap siang selain pakai nasi panas dan sambal pedas, ada satu lagi yang tak boleh dilupakan, yaitu kerupuk. Kerupuk bagi banyak orang...

Smartphone Android Bakal Bisa Deteksi Gempa Bumi

Informasi yang simpang siur serta deteksi dini yang masih minim saat terjadi gempa bumi mendorong ahli untuk merancang deteksi gempa yang terhubung...

Kabar DKI Jakarta Zona Hitam Covid-19 Dipastikan Hoaks

Beredar foto peta sebaran kasus Covid-19 di DKI Jakarta lewat jejaring sosial Twitter, Rabu (12/8/2020). Dalam foto itu tertulis keterangan yang menyebut...

Komentar terkini