Home Teknologi Canggihnya MVF-5, Robot Pemadam Kebakaran Milik Pemprov DKI

Canggihnya MVF-5, Robot Pemadam Kebakaran Milik Pemprov DKI

Robot dengan nama asli Dok-Ing MVF-5 U3 milik Pemprov DKI ini didesain untuk melakukan tugas darurat di tempat bencana. Tidak hanya fitur pemadam kebakaran, robot MVF-5 hadir dengan beragam perlengkapan penyelamatan lainnya.

Dikutip dari voi.id, robot MVF-5 ini dapat dioperasikan menggunakan remote hingga jarak pandang 1,5 meter. Dengan kecanggihan fitur yang dimilikinya, diharapkan petugas pemadam kebakaran terhindar dari resiko yang berbahaya.

Robot pemadam milik Pemprov DKI ini dibekali dengan baterai yang dapat bertahan dengan pemakaian 10 jam serta dilengkapi dengan sistem sembilan kamera video dan layar untuk memonitor secara langsung.

Selain itu di badan robot terdapat pisau doser dan capit yang bisa diputar dan mendorong sebuah beban seberat 10 ton, juga 2 ton mencapit dan mengangkat. Beban yang diangkat seperti mobil, truk rusak pasca kecelakaan lalu lintas.

MVF-5 ini memiliki penampungan air yang dibagi menjadi tiga bagian, dapat berputar 360 derajat dengan monitor Ziegler Jerman. Dapat menampung 55 meter air dan 45 meter busa. Sistem busa pompa roda gigi dapat diatur tiga sampai enam persen.

Sektor pacu MVF-5 terdapat mesin perkins TD-250 Tk berpendingin air dengan kapasitas 240 liter yang dapat beroperasi 16 jam non-stop. MVF-5 bisa menempuh dengan kemiringan medan mendaki 30 derajat.


Lebih lengkap, sebagai alat pengurai material kebakaran juga, Robot MVF-5 juga berfungsi sebagai alat pengurai material kebakaran. Dirinya dapat membuka dan mendorong tumpukkan material atau bahan-bahan yang bertumpuk dan sekaligus menyemprotkan air ke titik api yang tertutup oleh tumpukan material.

Tak hanya kebakaran gedung, rumah, SPBU dan pabrik, MVF-5 juga dapat diperbantukan membantu memadamkan api di dalam terowongannya dengan menggunakan rail kit yang didesain untuk mengangkut LUF60 dengan kecepatan maksimal 40km/jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Sunda, Pakuan, dan Pajajaran: Menggali Akar Historis Konseptual

Pada mulanya, saya sangat kesulitan untuk membedakan apa itu Sunda, Pakuan, dan Pajajaran. Meski tampak sebagai hal yang lazim, pada perkembangannya hal...

Apakah Kerajaan Tertua Nusantara Ada Di Jawa?

Dalam reportase Republika mengenai Khazanah Ke-Tionghoa-an Indonesia tahun 2017, saya menyatakan bahwa gerak massif migrasi etnis Tionghoa ke Nusantara terjadi sejak sekitar...

Peace Treaty Pajajaran-Cirebon: Perjanjian Perdamaian dengan Dasar Kekeluargaan

Pada tahun 1482, Prabu Jayadewata dinobatkan sebagai penguasa Sunda-Galuh dan berkedudukan di Keraton Sanghyang Sri Ratu Dewata, Kedatuan Sri Bima Punta Narayana...

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Komentar terkini