Home Teknologi Bukan Cuma untuk Foto, Ini Fungsi Drone yang Jarang Diketahui

Bukan Cuma untuk Foto, Ini Fungsi Drone yang Jarang Diketahui

Perkembangan ilmu dan teknologi yang semakin pesat mempermudah orang untuk melakukan suatu pekerjaan. Bagi pecinta fotografi, dahulu rasanya sulit mengambil gambar suatu lokasi seperti taman atau bangunan dari ketinggian ratusan kaki.

Berkat adanya drone, mengambil gambar lokasi dari ketinggian bukan perkara sulit. Tak hanya foto, bahkan video pun dapat diambil dengan sempurna berkat drone.

Seseorang yang piawai mengendalikan drone disebut juga sebagai drone pilot. Tidak hanya mampu mengendalikan drone, mereka juga wajib mengambil angle yang sempurna dari ketinggian.

Namun ternyata fungsi drone tidak hanya untuk mengambil foto dan video, ada sejumlah fungsi lain tak kalah penting yang dapat dilakukan dengan menggunakan drone. Berikut fungsi drone yang jarang diketahui dirangkum Tapak.id dari berbagai sumber.

Lacak Korban Bencana Alam

Saat terjadi bencana alam biasanya akses di ataupun menuju lokasi terputus. Keterbatasan yang dimiliki manusia saat mengakses lokasi bencana dapat memanfaatkan kecanggihan drone. Salah satunya drone dapat melacak keberadaan korban baik hidup maupun meninggal.

Dilansir dari laman Dummies, Drone juga mampu mengumpulkan dan mengirimkan sampel medis, persediaan dan obat-obatan ke daerah terpencil dan tidak terjangkau. Selain itu, drone juga bisa menggunakan sensor inframerah untuk mendeteksi manusia dan membantu dalam skenario pencarian dan penyelamatan.

Eksplorasi tambang, gas dan minyak bumi

Memanfaatkan sensor elektromagnetik tertentu, drone dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi geologi.

Selain itu, keberadaannya dapat membantu ahli geofisika mengidentifikasi dan memperkirakan lokasi serta keberadaan mineral, minyak dan gas alam.

Selain itu, drone bisa digunakan untuk mengelola infrastruktur dan aset bagi perusahaan. Manfaat ini membuat perusahaan minyak, gas dan tambang memangkas biaya, meningkatkan efisiensi dan daya saing terang laman Dronitech.

Bantu Strategi Perang di Dunia Militer

Penggunaan drone secara militer digunakan sebagai umpan sasaran, untuk misi tempur, penelitian dan pengembangan, dan untuk pengawasan.

Dikutip dari businessinsider.com, angkatan militer diseluruh dunia diperkirakan menghabiskan $ 70 miliar untuk drone pada tahun 2020.

Drone memainkan peran penting dalam penyelesaian konflik di masa depan. Bahkan diprediksi menggantikan peran manusia sebagai pilot pesawat tempur.

Di berbagai negara, penggunaan drone di bidang militer mulai masif dilakukan. Drone digunakan untuk strategi perang, mengawasi musuh hingga menjadi mata-mata. Sehingga penggunaan drone tidak dapat dipisahkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Sunda, Pakuan, dan Pajajaran: Menggali Akar Historis Konseptual

Pada mulanya, saya sangat kesulitan untuk membedakan apa itu Sunda, Pakuan, dan Pajajaran. Meski tampak sebagai hal yang lazim, pada perkembangannya hal...

Apakah Kerajaan Tertua Nusantara Ada Di Jawa?

Dalam reportase Republika mengenai Khazanah Ke-Tionghoa-an Indonesia tahun 2017, saya menyatakan bahwa gerak massif migrasi etnis Tionghoa ke Nusantara terjadi sejak sekitar...

Peace Treaty Pajajaran-Cirebon: Perjanjian Perdamaian dengan Dasar Kekeluargaan

Pada tahun 1482, Prabu Jayadewata dinobatkan sebagai penguasa Sunda-Galuh dan berkedudukan di Keraton Sanghyang Sri Ratu Dewata, Kedatuan Sri Bima Punta Narayana...

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Komentar terkini