23.4 C
Indonesia
Thursday, February 2, 2023
spot_img

Biar Makin Berenergi Saat Puasa, Inilah 6 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Saat Berbuka Ataupun Sahur

Menjalankan puasa di bulan Ramadan memang menjadi salah satu ibadah yang wajib untuk dilakukan oleh seluruh umat muslim di dunia. Demi menjalankan puasa dengan lancar, biasanya ada banyak hal yang bisa kita lakukan, terlebih agar tubuh tetap bugar dan berenergi selama Ramadan.

Mengatur pola makan serta memperhatikan nutrisi dari berbagai asupan yang akan kita konsumsi saat berbuka ataupun sahur, juga menjadi bagian terpenting dari menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh di saat berpuasa.

Berikut adalah 6 jenis makanan yang memiliki asupan nutrisi tinggi, sehingga cocok untuk dikonsumsi saat puasa agar tubuh tetap berenergi.

1. Kurma

Untuk kalian tentu sudah nggak asing kalau saat berbuka puasa kurma selalu menjadi bagian terpenting yang bahkan nggak pernah terlewatkan. Selain karena termasuk dalam salah satu dari sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, mengonsumsi kurma ketika berbuka puasa juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan.

Dalam buah kurma, terdapat kandungan kalori, lemak, karbohidrat, protein, serat, vitamin B6, serta sejumlah mineral lainnya seperti zat besi, magnesium, hingga potasium yang semuanya sangat baik untuk tubuh.

Oleh karena itu, kurma nggak hanya dikenal sebagai sumber energi yang baik, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan otak, melancarkan pencernaan, hingga mencegah terjadinya penyakit jantung.

2. Sayur-sayuran

Sama seperti kurma, mengonsumsi sayuran juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Karena, seperti yang diketahui bahwa sayuran mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, gula alami, dan serat, sehingga kaya akan manfaat yang dapat menunjang berbagai aktivitas saat berpuasa.

Selain itu, mengonsumsi sayuran juga dapat membuat tubuh terhindar dari dehidrasi, membantu dalam menjaga stamina serta kebugaran tubuh, hingga dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Beberapa jenis sayuran yang bisa kalian konsumsi antara lain adalah bayam, brokoli, seledri, wortel, kacang polong, hingga kembang kol.

3. Telur

Karena banyak memiliki kandungan nutrisi seperti protein, vitamin A, vitamin B5, vitamin B12, vitamin K, vitamin D, vitamin E, kalsium, zinc, asam amino, fosfor, selenium, omega 3, serta folat, telur juga menjadi salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi saat Ramadan seperti sekarang ini.

Meski sederhana, namun mengonsumsi telur khususnya saat sahur, justru dapat memberi banyak manfaat untuk tubuh ketika menjalankan puasa pada esok harinya. Beberapa manfaat yang akan kalian peroleh dari mengonsumsi telur saat sahur antara lain adalah dapat mengurangi rasa lelah, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga menjaga berat badan.

4. Buah-buah

Nggak hanya sayuran, buah-buahan juga termasuk dalam daftar makanan yang baik untuk dikonsumsi agar tetap bugar dan berenergi ketika berpuasa.

Hal ini, tentu karena adanya kandungan nutrisi seperti, vitamin, mineral dan serat, sehingga menjadikan buah-buahan begitu bermanfaat untuk kalian konsumsi saat puasa.

Sama seperti telur, buah-buahan juga sebaiknya dikonsumsi ketika sahur, agar tubuh tetap berenergi dan terhindar dari dehidrasi. Beberapa jenis buah yang bisa kalian konsumsi antara lain adalah semangka, jeruk, dan stroberi.

5. Ikan Atau Daging

Saat puasa, jangan lupa untuk selalu memasukkan makanan berprotein ke dalam daftar menu di rumah ya sobat tapak. Karena, seperti yang diketahui, protein berfungsi untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Itulah mengapa, makanan dengan kandungan protein yang baik begitu disarankan untuk dikonsumsi saat puasa. Usahakan juga agar kalian memilih makanan dengan kandungan protein rendah lemak, seperti misalnya ikan, ayam tanpa kulit, ataupun daging tanpa lemak. Dengan begitu, tubuh akan dapat merasa kenyang lebih lama, dan puasa menjadi lebih lancar.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga termasuk dalam jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi saat puasa lho. Meski berukuran lebih kecil dibandingkan jenis makanan lainnya, kacang-kacangan juga memiliki kandungan protein serta tinggi akan serat, sehingga sangat membantu dalam menjaga pencernaan sekaligus memberikan efek kenyang lebih lama saat berpuasa.

Nah, itulah 6 jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi saat puasa. Sobat tapak juga jangan lupa untuk selalu memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi, agar tubuh tetap bugar dan puasa dapat berjalan dengan lancar.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

20,753FansSuka
3,695PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles