Home Jejak Benteng Martello Sisa Pertahan VOC di Pulau Seribu

Benteng Martello Sisa Pertahan VOC di Pulau Seribu

Kepulauan Seribu yang berada di utara Jakarta memang pilihan tepat untuk berlibur di hari Minggu ini. Jaraknya dekat dengan ibukota membuat kamu bisa hiburan tanpa harus kecapekan di jalan.

Berada di Teluk Jakarta, Kepulauan Seribu terdiri dari pulau-pulau kecil. Salah satu pulau yang wajib dikunjungi saat berwisata ke sana adalah Pulau Bidadari. Jaraknya hanya sekitar 1,8 km kilometer dari Pantai Ancol.

Di sana terdapat sebuah benteng peninggalan Belanda. Namanya Benteng Martello. Benteng megah ini dibangun kongsi dagang terbesar milik Belanda, VOC.

Dikutiip dari Holamigo, tinggi benteng Martello sekitar 3,5 meter dengan diameter bangunannya memiliki panjang sekitar 23 meter. Dinding benteng ini cukup kokoh, karena ketebalannya mencapai 2,5 meter. Di bagian dindingnya terdapat lengkungan-lengkungan jendela dengan berbagai ukuran.

Tujuan VOC mendirikan benteng di pulau kecil seperti Pulau Seribu, selain untuk menjalankan dan mengawasi bisnis di Batavia, juga sebagai perlindungan dari musuh. Tidak hanya di Pulau Seribu, Benteng Martello juga dibangun di Pulau Kelor, dan Pulau Onrust.

Sejak awal didirikan, Benteng Martello difungsikan sebagai menara pengawas dan pertahanan laut Batavia. (Jakarta sekarang). Karena material bangunannya bukan bahan yang dapat bertahan lama untuk dijadikan benteng, selanjutnya bangunan ini difungsikan sebagai gudang mesiu.

Benteng Martello kondisinya semakin parah setelah pada tahun 1883 diterjang tsunami dan dilanda gempa dari letusan Gunung Krakatau. Selain itu, penyebab runtuhnya benteng adalah akibat serangan dari pasukan Inggris. Akibatnya, dinding utama bangunan Benteng Martello hanya tersisa hanya sekitar dua meter saja dari awalnya 5-6 meter.

Kini Benteng Martello masih sering dikunjungi wisatawan. Benteng Martello juga kerap digunakan sebagai latar foto pre-wedding

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Carok, Tradisi Duel Sengit dari Madura

Indonesia dikenal sebagai negara multikultural. Negara ini terdiri dari beragam suku bangsa yang masing-masing memiliki kebudayaan yang khas...

Tradisi Unik pada Pernikahan Suku Tidung: Pengantin Dilarang Buang Air Besar

Berbicara tentang suku, budaya, dan tradisi, Indonesia merupakan sebuah wilayah yang sangat kaya akan hal-hal tersebut. Setiap wilayah di Indonesia memiliki budaya...

Misteri Desa Karang Kenek: Kutukan atau Kebetulan?

Jika kita berbicara soal misteri, negara kita pasti selalu masuk daftar negara dengan banyak hal unik serta misteri-misteri yang belum terpecahkan. Beberapa...

Misteri Batu Bleneng di Tol Cipali

Bukan hanya hutan, gunung, laut, jembatan, ternyata jalan tol di Indonesia juga ada yang menyimpan misteri yang hingga saat ini belum terpecahkan.

Komentar terkini