21.4 C
Indonesia
Thursday, May 26, 2022
spot_img

Bantu Usir Nyamuk, 3 Jenis Tanaman Ini Wajib Ada Di Rumah Kamu

Sobat tapak, kalian semua pasti sering kan merasa nggak nyaman dengan kehadiran nyamuk yang selalu mengganggu khususnya saat kita sedang beraktivitas ataupun beristirahat di rumah?

Hal seperti ini, tentu sangat perlu untuk segera diatasi. Karena, seperti yang kita tahu, nyamuk merupakan salah satu jenis serangga yang dianggap banyak membawa penyakit berbahaya. Beberapa diantaranya adalah DBD, Malaria, Zika, hingga Chikungunya.

Penggunaan lotion ataupun obat nyamuk spray, biasanya menjadi pilihan yang paling sering dilakukan oleh sebagian orang. Tapi, tahukah kalian kalau ternyata ada juga lho cara alami yang bisa kita lakukan untuk mengusir nyamuk dari rumah.

Seperti misalnya menanam 3 jenis tanaman berikut ini. Selain dapat mengusir nyamuk dari rumah, tanaman-tanaman ini juga akan membuat halaman rumah kita jadi lebih indah dan sehat.

Ini Dia 3 Jenis Tanaman Yang Bisa Kita Gunakan Untuk Mengusir Nyamuk Dari Rumah

Lavender

Lavender by pixel2013 (pixabay )

Bunga lavender memang dikenal dengan aromanya yang sangat harum. Namun, meski begitu, bagi nyamuk aroma bunga lavender justru merupakan aroma yang paling dihindari.

Hal ini dikarenakan, lavender merupakan tanaman yang mengandung zat linalool dan lynalyl asetat, yaitu dua zat yang sangat tidak disukai oleh beberapa jenis serangga termasuk nyamuk.

Nah, tanaman ini bisa membantu kalian untuk mengusir nyamuk dari rumah. Caranya, cukup dengan meletakkan bunga lavender di dalam sebuah pot, lalu letakkan pot tersebut di dekat jendela ataupun pintu rumah, supaya nggak ada lagi nyamuk yang masuk ke dalam rumah kalian.

Serai Wangi

Serai by WonderfulBali (pixabay )

Nggak hanya sering digunakan sebagai penyedap makanan ataupun minuman saja. Faktanya, tanaman ini ternyata juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk dari rumah lho.

Bahkan, sudah sejak dulu serai digunakan sebagai salah satu tanaman yang dianggap paling efektif untuk mengusir nyamuk. Oleh karena itu, nggak heran jika lotion anti nyamuk sering menggunakan serai sebagai bahan utamanya.

Serai juga dapat tumbuh subur di berbagai iklim dan juga jenis tanah. Itulah yang membuat serai menjadi salah satu jenis tanaman yang mudah ditemui bahkan dipelihara sendiri di rumah.

Meskipun tanaman ini kurang cocok jika ditanam dalam sebuah pot, kalian tetap bisa meletakkannya di rumah dengan cara mengakali tanah yang ada di halaman, kemudian tanam serai tepat di bawah jendela sekitar rumah. Dengan begitu nyamuk akan terusir dan nggak bisa masuk ke dalam rumah.

Kemangi

Kemangi by tookapic (pixabay)

Mendengar kata kemangi mungkin akan langsung membuat kita terbayang dengan yang namanya ‘Lalapan’. Karena memang, jenis tanaman satu ini sering dijadikan sebagai pelengkap beberapa hidangan seperti misalnya ayam bakar ataupun pecel lele.

Tapi jangan salah ya sobat tapak, meski sering kita temui sebagai sebuah lalapan, nyatanya kemangi juga dapat digunakan untuk mengusir nyamuk dari rumah.

Selain nyamuk, kemangi juga dapat digunakan untuk mengusir hama. Hal ini dikarenakan, adanya kandungan empat senyawa volatil pada kemangi dapat menganggu sensor panas serta karbondioksida pada nyamuk, sehingga dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan nyamuk untuk mengenali makanan dan membuatnya pergi.

Jadi, itu dia 3 jenis tanaman yang bisa kalian gunakan untuk mengusir nyamuk dari rumah. Semoga bermanfaat sobat tapak.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

20,753FansSuka
3,333PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles