Home Agama Bacaan Niat Serta Tata Cara Puasa Tarwiyah dan Arafah

Bacaan Niat Serta Tata Cara Puasa Tarwiyah dan Arafah

Hari raya Idul Adha tinggal hitungan hari. Idul Adha jatuh setiap tahunnya pada 10 Dzulhijjah.

Umat Islam dianjurkan untuk mengerjakan ibadah puasa sunah dua hari sebelum hari raya id. Yaitu puasa tarwiyah dan puasa arafah.

Puasa tarwiyah pada 8 Dzulhijjah. Selain itu ada pula puasa sunah Arafah pada 9 Dzulhijjah.

Dikutip dari NU Online, anjuran untuk mengamalkan puasa tarwiyah dapat ditemukan dari dalil umum sejumlah hadits yang mengajak umat Islam untuk beramal saleh terutama pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Berikut ini adalah hadits riwayat Ibnu ‘Abbas RA dalam Sunan At-Tirmidzi.

“Rasulullah SAW bersabda, ‘Tiada ada hari lain yang disukai Allah SWT untuk diisi dengan ibadah sebagaimana (kesukaan-Nya pada) sepuluh hari ini,’” (HR At-Tirmidzi).

Dalam bahasa Arab, tarwiyah berarti proses berpikir. Pada hari tersebut merupakan hari saat Nabi Ibrahim AS merenung soal mimpinya menerima perintah Allah SWT.

Adapun lafal niat puasa tarwiyah adalah sebagai berikut.

Nawaitu shauma al tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala. Artinya: “Saya niat berpuasa sunnah tarwiyah karena Allah ta’ala.”

Lalu pada 9 Dzulhijjah, Nabi Ibrahim AS bermimpi. Beliau memahami bahwa mimpinya adalah wahyu dari Allah SWT. Oleh karena itu, hari ini juga disebut sebagai hari Arafah.

Adapun lafal niat puasa arafah adalah sebagai berikut:

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati Arafah lillahi ta‘ala. Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT.”

Sebagaimana puasa pada umumnya, kaum muslim disunahkan bagi setiap orang yang akan berpuasa untuk melakukan sahur sebelum waktu subuh tiba.

Untuk melafadzkan niat sendiri sebelum subuh adalah sunah. Artinya, bila Anda tidak berniat sebelum subuh namun ingin melaksanakan puasa, ibadah masih tetap sah.


Sumber: islam.nu.or.id, tirto.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Sejarah Pendidikan Perempuan di Siak Sri Indrapura

Sejak dahulu pendidikan merupakan hal yang sangat diperlukan bagi seluruh perempuan agar menjadi sosok individu yang cerdas, kreatif, berpengetahuan luas, dan inovatif....

Perwalian Kekuasaan Putra Wiralodra

F. C. Hasselaer adalah salah seorang pejabat VOC yang selanjutnya berposisi sebagai Residen Cirebon. Dalam memorinya yang berangka tahun 1765, pejabat yang...

Banten : Tanah Para Ksatria

Mungkin kita sepakat bahwa saat ini Banten adalah tanahnya para jawara. Tidak terhitung sudah berapa jumlah pendekar yang dihasilkan daerah itu dari...

Komentar terkini