Home Lifestyle Urban Awal mula Sepeda Lipat Dahon dan Brompton

Awal mula Sepeda Lipat Dahon dan Brompton

Sepeda lipat bukanlah sebuah penemuan baru seperti apa yang kita pikirkan, sepeda lipat memiliki tempat khusus didalam sejarah sepeda, saat itu orang membutuhkan solusi untuk sebuah perjalanan yang padat. Mari kita simak sejarah sepeda lipat berikut ini.

Boneshaker bicycle (image credit: Wikipedia)

Asal dari sepeda lipat adalah sepeda yang memiliki bentuk penuh, Velocipede atau Boneshaker adalah jenis sepeda pertama dengan pedal, ditemukan oleh orang Prancis bernama Ernest dan Piere Michaux pada tahun 1860an, 10 tahun kemudian digantikan oleh sepeda dengan roda depan yang besar sedangkan roda belakang kecil. Di akhir tahun 1880 berevolusi Kembali menjadi sepeda keselamatan seperti yang kita lihat saat ini.

Portable bike by William Grout (Wikipedia)

Memang banyak sekali perdebatan tentang siapa penemu sepeda lipat pertama kali. Pada tahun 1878, William Grout warga Inggris dianggap sebagai penemu sepeda lipat pertama. Tetapi bentuk nya lebih menyerupai sepeda portabel yang bisa bongkar pasang karena pengendara perlu melepas rangka dan melipat roda depan, proses nya pun cukup lama bisa memakan waktu sampai 10 menit. Desainnya pun cukup rumit tidak seperti sepeda lipat pada umumnya saat itu.

First folding bike by Emmit G. Latta (image credit: Google Patent)

Melansir dari FoldingCyclist, sepeda lipat pertama di ciptakan oleh Emmit G. Latta dari Amerika Serikat. Patennya diajukan pada tahun 1887 dan dikeluarkan 1 tahun kemudian. Perusahaan manufacturing Pope Manufacturing Company membeli paten tersebut, namun mereka tidak pernah memproduksi sepeda lipat itu.

Sepeda lipat Captain Gérard (image credit: bsamuseum)

Sejarah mencatat, konsumen pada saat itu tidak mampu membeli sepeda lipat karena harganya yang sangat mahal. Tapi dikalangan militer sepeda lipat sangat populer menjadi alat transportasi yang portabel dan cepat. Pada tahun 1895 sepeda lipat Kapten Gerard dimulai dan di bantu oleh militer perancis untuk produksinya.

Sepeda lipat Faun bukanlah sepeda lipat pertama, namun mekanismenya banyak di gunakan oleh produsen sepeda lipat saat ini. Kerangka dikonstruksi dalam dua bagian berbeda yang di hubungkan dengan engsel yang kokoh, dengan melepas pin maka bagian depan dapat di tekuk sehingga roda depan dapat disejajarkan dengan roda belakang, dan setangpun mempunyai engsel dan dapat di turunkan. Sepeda lipat Faun di produksi di inggris pada tahun 1896.

Raleigh Folder DL 25 (image credit: Sheldon Brown)

Setelah melewati perjalanan Panjang sepeda lipat mulai banyak diminati pada tahun 1960an dan 1970an. Produsen sepeda lipat mulai tertarik dengan pasar sepeda lipat seperti produsen  sepeda lipat periode pertama  yaitu Moulton, Raleigh Twenty, Bickerton Portable dan Puch Pic-Nic. Raleigh Twenty memiliki sistem seperti sepeda lipat saat ini, ia memiliki tuas untuk melepas dan menyesuaikan tinggi sadel dan stang.

Sepeda lipat Brompton pertama (image credit: Brompton)

1980-an menandai tonggak baru dalam sejarah ketika Andrew Ritchie memulai produksi sepeda lipat Brompton pertama pada tahun 1981.

1 tahun kemudian, Dahon didirikan dan sepeda lipat Dahon pertama memasuki pasar pada tahun 1984. Montague Bikes didirikan pada tahun 1987 dan mereka mulai membuat sepeda lipat ukuran penuh sejak itu.

Dahon dan Brompton masih menjadi produsen sepeda lipat terbesar hingga saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Sejarah Pendidikan Perempuan di Siak Sri Indrapura

Sejak dahulu pendidikan merupakan hal yang sangat diperlukan bagi seluruh perempuan agar menjadi sosok individu yang cerdas, kreatif, berpengetahuan luas, dan inovatif....

Perwalian Kekuasaan Putra Wiralodra

F. C. Hasselaer adalah salah seorang pejabat VOC yang selanjutnya berposisi sebagai Residen Cirebon. Dalam memorinya yang berangka tahun 1765, pejabat yang...

Banten : Tanah Para Ksatria

Mungkin kita sepakat bahwa saat ini Banten adalah tanahnya para jawara. Tidak terhitung sudah berapa jumlah pendekar yang dihasilkan daerah itu dari...

Komentar terkini