Home Jejak Artefak Gerabah Era Dinasti Tiongkok Ditemukan di Jawa Timur

Gerabah Era Dinasti Tiongkok Ditemukan di Jawa Timur

Sejumlah gerabah kuno era dinasti Tiongkok kuno ditemukan warga Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur saat mengolah tanah ladangnya. Gerabah kuno tersebut diduga berasal dari zaman Dinasti Ming (1368-1644 masehi).

The Jakarta Post memberitakan bahwa usai ditemukan, benda purbakala tersebut kemudian dibawa pulang oleh warga ke rumahnya.

Berita penemuan gerabah kuno diduga dari dinasti Ming sampai kepada  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek.

Untuk penelitian lebih lanjut, pihak  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan  Kabupaten Trenggalek mengajukan laporan resmi kepada Bupati Trenggalek, Balai Arkeologi Yogyakarta (Balar), dan Balai Konservasi Benda Cagar Budaya Jawa Timur (BPCB).

Benda-benda tersebut diyakini dibawa ke Panggul, Trenggalek oleh pedagang Tionghoa pada tahun 1400-an atau pada masa kekuasaan Kerajaan Majapahit.

Dugaan itu didasarkan pada sejarah hubungan diplomatik antara Majapahit dengan sebuah kerajaan Cina.

Demi keamanan, kata Joko, pihaknya juga akan bekerja sama dengan pemerintah kecamatan dan kabupaten setempat untuk memberikan pengarahan kepada warga tentang pentingnya membantu menjaga objek tersebut.

Tak hanya di Trenggalek, penemuan gerabah kuno juga ditemukan di Bojonegoro Jawa Timur. Di Desa Trucuk. Selain ada gerabah ditemukan pula artefak lain berupa koin, piring, teko, mangkuk, dan pernak-pernik masa Dinasti Tang yang berkuasa pada 618-907 masehi.

Masuknya pedagang Tiongkok ke Trenggalek, Bojonegoro, dan kawasan di Jawa Timur diperkirakan sejak sekitar abad ke-16 atau setelah runtuhnya kerajaan Majapahit. Para pedagang menggunakan Bengawan Solo sebagai jalur perdagangan untuk ke Kerajaan Demak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Sunda, Pakuan, dan Pajajaran: Menggali Akar Historis Konseptual

Pada mulanya, saya sangat kesulitan untuk membedakan apa itu Sunda, Pakuan, dan Pajajaran. Meski tampak sebagai hal yang lazim, pada perkembangannya hal...

Apakah Kerajaan Tertua Nusantara Ada Di Jawa?

Dalam reportase Republika mengenai Khazanah Ke-Tionghoa-an Indonesia tahun 2017, saya menyatakan bahwa gerak massif migrasi etnis Tionghoa ke Nusantara terjadi sejak sekitar...

Peace Treaty Pajajaran-Cirebon: Perjanjian Perdamaian dengan Dasar Kekeluargaan

Pada tahun 1482, Prabu Jayadewata dinobatkan sebagai penguasa Sunda-Galuh dan berkedudukan di Keraton Sanghyang Sri Ratu Dewata, Kedatuan Sri Bima Punta Narayana...

Tarian Lego-Lego Dari Tanah Alor

Tanah Alor yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki tarian yang khas yang bernama Tarian Lego-Lego. Apakah kalian tahu, bahwa...

Komentar terkini