Home Kesehatan Olahraga Ringan Ini Bisa Buat WFH Kamu Lebih Bertenaga

Olahraga Ringan Ini Bisa Buat WFH Kamu Lebih Bertenaga

Oleh Liana

Kita semua tahu, merebaknya virus COVID-19 di Indonesia merubah semua hal. Mulai dari perekonomian yang merosot tajam, pembatasan kegiatan sosial, sampai perubahan sistem kerja dibeberapa industri yang mewajibkan karyawannya bekerja dari rumah atau Work From Home atau sekarang lebih sering disebut WFH.

Sudah berapa lama teman-teman WFH nih?

Ada nilai positif yang bisa teman-teman rasakan saat WFH. Seperti waktu yang lebih fleksibel, dan bisa lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga. Tapi, gak sedikit juga yang mengeluhkan bahwa metode WFH bisa menurunkan tingkat produktivitas. Kebanyakan dari mereka merasakan tidak bersemangat, karena atmosfer bekerja dari rumah tidak sama dengan di kantor. Jangan sampai kualitas pekerjaan teman-teman menurun, ya.

Selain tanggung jawab pekerjaan yang harus diselesaikan, teman-teman juga punya tanggung jawab untuk meningkatkan stamina dan juga mempertahankan sistem imun agar terbebas dari paparan virus. Sesuai dengan anjuran pemerintah, yang perlu kamu lakukan untuk menjaga sistem imun adalah menerapkan pola hidup sehat dengan makan seimbang dan berolahraga. Yuk lakukan gerakan olahraga ini biar kamu gak terus-terusan mager alias malas gerak saat WFH.

  1. YOGA

Apa teman-teman tahu? Ternyata Yoga sudah dilakukan dari 5000 tahun yang lalu lho. Yoga merupakan salah satu dari enam filsafat yang diajarkan di dalam ajaran agama Hindu. Gerakan dalam Yoga menitikberatkan pada pernafasan, olah gerak tubuh, dan juga keseimbangan. Rangkaian olahraga Yoga dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh dan juga menimbulkan efek rileks.

  1. Pilates

Banyak yang beranggapan olahraga Pilates hampir mirip dengan Yoga. Tapi kalau teman-teman mendalami olahraga ini, pasti akan menemukan perbedaannya. Diperkenalkan oleh ahli Fisika asal Jerman bernama Joseph Hubert Pilates pada awal abad 20 gerakan pilates yang presisi ditujukan untuk membentuk latihan yang menggabungkan kekuatan dan pikiran manusia. Untuk tahap pemula teman-teman bisa melakukan gerakan Pilates dari rumah dengan mengikuti tutorial dari berbagai sumber di internet contohnya Youtube. Gerakan sederhana namun sangat intens berguna untuk memperbaiki struktur tulang, menguatkan otot tubuh, dan menghilangkan lemak.

  1. Angkat Beban

Angkat beban pertama kali diperkenalkan di Mesir Kuno dan Yunani sebagai acara adu kekuatan dan kekuasaan. Sejak tahun 1920 angkat beban sudah menjadi jenis olahraga yang ditampilkan di olimpiade. Seiring berjalannya waktu, angkat beban dimodifikasi dengan menggunakan beban diri sendiri atau sering disebut Strength Training. Jenisnya pun bisa teman-teman pilih sesuai kemampuan. Bisa push up, sit up, squat, dan masih banyak lagi. Gerakan-gerakan sederhana ini bisa membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh lho teman-teman. Metabolisme yang baik bisa meningkatkan imunitas tubuh kamu sehingga mengurangi risiko paparan virus.

  1. Senam

Olahraga yang satu ini menjadi olahraga yang banyak digemari kaum hawa. Yak! Senam memang olahraga yang menyenangkan, karena biasanya diiringi oleh musik menghentak yang mebuat mood kamu lebih semangat. Tahu gak sih? Ternyata senam mulai diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1912 pada masa penjajahan Belanda. Manfaat senam juga banyak lho teman-teman, yaitu untuk melatih kelenturan, keseimbangan, melancarkan peredaran darah, melatih otot jantung, juga bisa menurunkan berat badan. Mau WFH tapi semakin langsing? Yuk senam!

Jadikan masa Work From Home ini sebagai pembentukan kebiasaan baru yang lebih sehat ya teman-teman. Rutin berolahraga bukan hanya baik untuk kesehatan fisik, tapi juga untuk kesehatan mental teman-teman agar tingkat fokus, konsenterasi, dan tingkat stress terkendali dengan baik.

Rebahan boleh-boleh saja ya teman-teman, tapi jangan sampai kesempatan WFH ini kamu jadikan alasan untuk bermalas-malasan. Kamu harus tetap produktif dengan tetap memberikan performa terbaik pada hasil pekerjaan kamu.

Jadi, mau mulai olahraga apa hari ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Lorong Kuno di Bekasi Tempat Pembantaian Tentara Jepang? Ini Kata Sejarawan

Soal lorong kuno yang ditemukan di bawah stasiun Bekasi disebut sebagai bekas tempat pembantaian tentara Jepang, sejarawan asal Bekasi Ali Anwar memberi...

Relief Candi Borobudur Ungkap Puluhan Tanaman Jawa Kuno

Puluhan spesies tumbuhan era Jawa kuno terungkap melalui identifikasi relief kisah Lalitavistara di Candi Borobudur. Identifikasi itu dilakukan Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan...

Kerupuk Melarat, Camilan Renyah Digoreng Pakai Pasir

Santap siang selain pakai nasi panas dan sambal pedas, ada satu lagi yang tak boleh dilupakan, yaitu kerupuk. Kerupuk bagi banyak orang...

Smartphone Android Bakal Bisa Deteksi Gempa Bumi

Informasi yang simpang siur serta deteksi dini yang masih minim saat terjadi gempa bumi mendorong ahli untuk merancang deteksi gempa yang terhubung...

Komentar terkini