Home Jejak Agrikultur Alasan Indonesia Pantas Dijuluki Tanah Surga

Alasan Indonesia Pantas Dijuluki Tanah Surga

Indonesia terkenal dengan tanahnya yang subur sehingga penyair menjuluki Indonesia sebagai tanah surga. Ada ungkapan apapun yang ditanam di tanah Indonesia, pasti ketika panen hasilnya melimpah.

Maka tak heran, melimpah ruahnya hasil bumi Indonesia menjadi incaran bangsa Eropa di masa lampau. Negara-negara seperti Portugis, Belanda, bahkan Spanyol saling sikut untuk memonopoli hasil bumi Indonesia sebagai komoditas perdagangan.

Tentunya, monopoli perdagangan memiliki dampak negatif terutama dalam perdagangan rempah-rempah yang terus merosot sehingga produksi hasil pertanian non rempah juga ikut menurun. Imbasnya saat itu banyak penduduk Indonesia yang kelaparan,

Tak hanya melakukan monopoli, di bawah pimpinan William Deandles, Belanda mengatur rakyat Indonesia dalam empat kebijakan yang dikenal dengan istilah verplichte leverantie dimana akyat berkewajiban menjual hasil panen kepada Belanda. Lalu contingenten berupa penyerahan pajak hasil bumi.

Selanjutnya preangerstelsel dimana rakyat di wilayah Priangan berkewajiban menanam pohon kopi, dan sistem kerja paksa tanpa upah. Menjadi incaran negara-negara di Eropa, sebenernya apa keistimewaan tanah subur yang dimiliki Indonesia?

Tanah subur menghasilkan beragam rempah-rempah
Rempah-rempah khas Indonesia tidak dapat dijumpai di negara lain. Maka wajar menjadi incaran bangsa Eropa.

Tanah Subur untuk Menanam Tanaman Pokok
Berada di wilayah beriklim tropis memberi keuntungan tersendiri bagi penduduk Indonesia yang tidak tertarik menanam tanaman rempah-rempah. Mereka memimilh menanam tanaman pangan pokok seperti padi.

Tanah Indonesia Berada di Daerah Vulkanis
Indonesia juga dikenal sebagai negara dengan deretan gunung berapi. Diantaranya bahkan ada yang masih aktif hingga kini. Berada di daerah vulkanis tentu membuat tanah sejumlah wilayah di Indonesia mengandung mineral primer yang berisi unsur hara. Unsur hara ini yang menjadi faktor penting pertumbuhan tanaman.

Di Indonesia banyak gunung berapi sehingga tanahnya berada di daerah vulkanis yang sangat subur sehingga dapat menanam berbagai jenis tanaman dengan baik. Oleh karena itu, tanah di Indonesia juga cocok untuk sistem perkebunan yang memiliki hasil produk bermanfaat.

Itulah beberapa alasan mengapa kesuburan tanah Indonesia menjadikan negeri ini pantas menyandang predikat tanah surga. Namun, tentunya bukan hanya semata-mata predikat. Harus ada pengelolaan yang profesional dan jelas agar hasil dari tanah surga ini benar-benar dirasakan rakyatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Banten : Tanah Para Ksatria

Mungkin kita sepakat bahwa saat ini Banten adalah tanahnya para jawara. Tidak terhitung sudah berapa jumlah pendekar yang dihasilkan daerah itu dari...

Penyamun Kidul, Si Pengacau Kompeni

Pasca merengkuh Tanah Priangan dari Mataram melalui serangkaian perjanjian di tahun 1677, Kompeni tidak langsung mengurus wilayah barunya itu. Di samping maskapai...

Pembagian Wilayah Cirebon Dari Masa Ke Masa

Sejak dirintis oleh Pangeran Walangsung a.k.a Pangeran Cakrabuana di era Pajajaran akhir, Cirebon telah mengalami perkembangan yang luar biasa. Pedukuhan kecil yang...

Beberapa Versi Mengenai Gunung Sidahurip, Ada Piramida atau Tidak?

Gunung Sidahurip merupakan sebuah gunung yang berdiri kokoh di daerah Karangtengah, Kabupaten Garut. Gunung ini mungkin jarang disebut namanya oleh para pendaki atau kelompok...

Komentar terkini