Home Lifestyle Film Aktor Indonesia Perankan Tokoh Bangsa di Film Biopik, Mirip?

Aktor Indonesia Perankan Tokoh Bangsa di Film Biopik, Mirip?

Mempelajari sejarah bangsa melalui buku sulit dilakukan mengingat rendahnya budaya baca masyarakat. Salah satu cara yang digunakan agar masyarakat terutama generasi muda mengenal sejarah bangsanya adalah melalui film.

Di Indonesia beberapa tahun terakhir muncul film yang mengangkat kehidupan tokoh bangsa. Tentu saja para pemerannya adalah aktor dan aktris tanah air. Totalitas, para pemeran pun rela didandani berjam-jam agar mirip dengan tokoh bangsa yang ia perankan.

Berikut sejumlah film bertema tokoh bangsa yang diangkat ke layar lebar. Mirip dengan tokoh aslinya?

1.Sang Pencerah (2010)

Kiai Haji Ahmad Dahlan (kiri) dan Lukman Sardi di film Sang Pencerah

Kiai Haji Ahmad Dahlan atau Muhammad Darwis adalah seorang pahlawan nasional Indonesia yang merupakan pendiri Muhammadiyah. Ia juga merupakan pengajar agama Islam di sekolah OSVIA Magelang. Pada tahun 2010 rilis film Sang Pencerah. Di film tersebut Aktor senior Lukman Sardi memerankan tokoh Kiai Haji Ahmad Dahlan.

2.Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

HOS Tjokroaminoto (kiri) dan Reza Rahardian di film Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto atau dikenal dengan nama HOS Tjokroaminoto merupakan merupakan salah satu pemimpin organisasi pertama di Indonesia, yaitu Sarekat Islam. Ia memiliki banyak murid, salah satunya adalah Soekarno yang dikemudian hari menjadi presiden pertama Republik Indonesia. Pada tahun 2015, salah satu rumah produksi mengangkat kehidupan HOS Tjokroaminoto ke layar lebar dengan judul Guru Bangsa: Tjokroaminoto. Tokoh HOS Tjokroaminoto diperankan aktor Reza Rahardian.

3. Habibie Ainun (2012) dan Rudy Habibie (2016)

Prof.Dr.Ing.B.J Habibie (kiri) dan Reza Rahardian (kanan) di film Habibie-Ainun

Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng adalah Presiden Republik Indonesia yang ketiga. Masyarakat Indonesia mengenal sosok mantan menteri Menteri Negara Riset dan Teknologi Indonesia ini dengan nama B.J Habibie. Sebelum menjadi menteri dan presiden, B.J Habibie pernah menjabat Direktur Utama PT Perindustrian Angkatan Darat.

Di tahun 2012, kisah B.J Habibie dan istinya Hasri Ainun Besari dibuat menjadi film dengan judul Habibie-Ainun. Sosok B.J Habibie diperankan oleh aktor kawakan Reza Rahardia. Di film Rudy Habibie, mengangkat kehidupan B.J Habibie muda semasa menempuh pendidikan di Jerman. Lagi, sosok Habibie muda diperankan Reza Rahardian.

4. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Presiden RI pertama Soekarno (kiri) dan Ario Bayu yang perankan Ir. Soekarno di film Soekarno: Indonesia Merdeka

Ir.Soekarno dikenal sebagai sang proklamator kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus Presiden Republik Indonesia yang pertama. Sebelum terjun ke politik, Soekarno merupakan seorang arsitek alumni dari Technische Hoogeschool te Bandoeng (sekarang Institut Teknologi Bandung). Pada tahun 1926, Soekarno mendirikan Algemeene Studie Club (ASC) di Bandung yang merupakan hasil inspirasi dari Indonesische Studie Club oleh Dr. Soetomo. Pada tahun 2013, sebuah rumah produksi mengangkat kisah Ir.Soekarno ke dalam film berjudul Soekarno: Indonesia Merdeka. Tokoh Soekarno diperankan oleh aktor Ario Bayu.

Diangkatnya para tokoh bangsa Ini ke layar lebar tidak hanya semata-mata agar filmnya laris di pasaran, lebih dari itu sebagai upaya untuk mengenalkan generasi muda Indonesia kepada sejarah bangsanya.

Seperti apa yang pernah Presiden Soekarno bilang dalam pidatonya pada peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia di tahun 1966, “Jas Merah. Jangan sekali-kali melupakan sejarah!”

Oh iya, dari empat aktor di atas yang paling mirip sama tokoh yang ia perankan yang mana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Populer

Carok, Tradisi Duel Sengit dari Madura

Indonesia dikenal sebagai negara multikultural. Negara ini terdiri dari beragam suku bangsa yang masing-masing memiliki kebudayaan yang khas...

Tradisi Unik pada Pernikahan Suku Tidung: Pengantin Dilarang Buang Air Besar

Berbicara tentang suku, budaya, dan tradisi, Indonesia merupakan sebuah wilayah yang sangat kaya akan hal-hal tersebut. Setiap wilayah di Indonesia memiliki budaya...

Misteri Desa Karang Kenek: Kutukan atau Kebetulan?

Jika kita berbicara soal misteri, negara kita pasti selalu masuk daftar negara dengan banyak hal unik serta misteri-misteri yang belum terpecahkan. Beberapa...

Misteri Batu Bleneng di Tol Cipali

Bukan hanya hutan, gunung, laut, jembatan, ternyata jalan tol di Indonesia juga ada yang menyimpan misteri yang hingga saat ini belum terpecahkan.

Komentar terkini