22.4 C
Indonesia
Thursday, May 26, 2022
spot_img

5 Jenis Olahraga Yang Aman Dan Baik Dilakukan Saat Berpuasa, Perhatikan Waktunya Juga

Berolahraga saat puasa mungkin menjadi kegiatan yang banyak dihindari oleh hampir sebagian besar masyarakat. Hal ini dikarenakan, masih banyak dari kita yang menganggap bahwa dengan melakukan olahraga saat berpuasa, dapat membuat tubuh menjadi semakin lemas bahkan mudah merasa haus.

Padahal kenyataannya, berolahraga saat puasa justru diperlukan dan sangat penting agar tubuh tetap sehat dan bugar. Nah, supaya nggak menggangu kelancaran ibadah puasa yang dilakukan, ada baiknya jika kalian memilih jenis olahraga dengan intensitas ringan. Nggak hanya itu, kalian juga perlu untuk memperhatikan waktu yang tepat sehingga nggak berdampak pada puasa yang sedang dijalankan.

Ini dia 5 jenis olahraga ringan yang bisa kalian lakukan saat puasa Ramadan.Kalau menurut sobat tapak, kira-kira mana nih jenis olahraga yang paling pas?

Bersepeda

Bersepeda menjadi jenis olahraga pertama yang tepat dilakukan saat berpuasa. Selain ringan, bersepeda juga bisa dilakukan pada sore hari sembari menunggu waktu berbuka.

Cukup dengan bersepeda selama 60 menit kalian sudah dapat membakar sekitar 300 kalori serta meningkatkan stamina tubuh lho. Biar makin seru, kalian juga bisa nih ngabuburit sambil bersepeda.

Yoga

Selain bersepeda, yoga juga termasuk ke dalam jenis olahraga yang tepat dilakukan saat berpuasa. Hal ini dikarenakan, yoga merupakan olahraga ringan karena tidak terlalu menguras energi. Berlatih yoga saat berpuasa dapat menjaga tubuh agar tetap segar, bugar dan terasa lebih rileks.

Seperti diketahui, berlatih yoga berfokus pada teknik pernapasan yang otomatis dapat menambah suplai oksigen ke seluruh jaringan dan menyeimbangkan produksi hormon. Nggak hanya itu, yoga juga dapat membantu untuk membakar kalori hingga mampu memperbaiki postur tubuh.

Jadi, bisa dipastiin ya sobat tapak, kalau jenis olahraga ini nggak akan membuat kalian mudah lelah, banyak mengeluarkan keringat, maupun merasa dehidrasi.

● Jogging Ringan

Olahraga lari atau yang biasa dikenal dengan sebutan jogging ini juga termasuk dalam jenis olahraga yang tepat kalian lakukan saat berpuasa. Biasanya, jogging yang dilakukan adalah jogging ringan dengan ritme lari yang santai. Alasannya, sudah pasti agar kalian nggak mudah merasa lemas ataupun mengalami dehidrasi.

Untuk pemilihan waktunya, kalian bisa melakukan jogging pada sore hari atau tepatnya saat menjelang waktu berbuka. Selain itu, disarankan juga, agar kalian cukup melakukan 1 atau 2 putaran saja selama 20-30 menit.  Dengan begitu, tubuh kalian sudah berhasil membakar sebanyak 210 kalori.

Jalan Cepat

Selain jogging, jalan cepat juga menjadi alternatif yang tepat dilakukan saat puasa. Kalian bisa melakukan jalan cepat pada sore hari atau menjelang waktu berbuka dengan kisaran waktu selama kurang lebih 30 menit.

Dengan melakukan kegiatan ini, kalian sudah dapat membantu untuk menjaga keseimbangan tubuh, terlebih saat berpuasa. Nggak hanya itu, melakukan jalan cepat juga lebih sedikit dalam memakan energi tubuh lho. Jadi, bisa dibilang kalau kegiatan ini nggak membuat kalian mudah merasa lelah.

Pilates

Pilates juga merupakan jenis olahraga yang tepat untuk dilakukan saat puasa. Jenis olahraga ini dikenal sangat baik dalam memperbaiki postur tubuh serta meningkatkan fleksibilitas tubuh. Terlebih, Pilates juga bukanlah olahraga dengan intensitas yang tinggi atau bisa dikatakan sama seperti berlatih yoga, sehingga tidak akan menyebabkan kelelahan berlebih. Cukup dengan melakukan pilates salama 60 menit, maka kalian sudah dapat membakar sebanyak 200 kalori dalam tubuh.

Itulah  beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan saat puasa. Jangan lupa juga kalian untuk selalu memperhatikan jenis olahraga yang tepat serta waktu pelaksanannya, agar tidak berdampak pada ibadah puasa yang tengah dijalankan. Semoga bermanfaat.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

20,753FansSuka
3,333PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles