29.4 C
Indonesia
Thursday, October 21, 2021

TAPAK.id

spot_img

5 Destinasi Wisata Populer Indonesia Berdasarkan Legenda Yang Wajib Kalian Kunjungi

Indonesia memang selalu jadi pusat perhatian jika kita membahas mengenai destinasi wisata yang keren dan memiliki pemandangan indah.

Karena beragamnya kearifan lokal hingga budaya yang mengagumkan dari setiap daerah, menjadi daya tarik sekaligus nilai tambah bagi pariwisata Indonesia dalam mendatangkan wisatawan.

Seperti 5 destinasi wisata berikut ini misalnya. Tak hanya indah, destinasi wisata ini juga memiliki kisah yang begitu melegenda dibalik kemunculannya. Bahkan dua diantaranya juga telah ditetapkan sebagai situs warisan Dunia oleh UNESCO.

Kira-kira apa sajakah 5 destinasi wisata keren yang berasal dari legenda tersebut?

5 Destinasi Wisata Populer Di Indonesia Yang Berasal Dari Legenda

1. Pulau Komodo

Foto Komodo Indonesia oleh Pixabay

Sebagai salah satu situs warisan dunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO pada 1991, siapa sangka jika pulau Komodo juga memiliki kisah di masa lampau.

Seperti yang dilansir dari situs resmi  kemenparekraf.go.id, menurut cerita masyarakat setempat, komodo sebenarnya merupakan salah satu anak kembar dari seorang putri yang dijuluki sebagai Putri Naga dan suaminya Moja.

Karena malu memiliki seorang anak berwujud kadal (Ora), Ia pun mengasingkan anak tersebut ke dalam hutan. Namun suatu hari, Gerong yang merupakan saudara kembar Ora, yang juga berwujud manusia hendak membunuhnya dengan menggunakan sebuah tombak saat berburu ke hutan.

Gerong yang tidak mengetahui jika kadal itu adalah saudaranya, membuat dirinya ingin membunuh Ora ketika Ia berburu.

Namun, rencananya tersebut berhasil digagalkan oleh ibu mereka yang datang dan memberitahu kejadian yang sebenarnya.

Sejak saat itu, komodo dan manusia hidup berdampingan layaknya saudara di pulau tersebut.

2. Candi Prambanan

Foto Candi Prambanan oleh Pixabay

Untuk destinasi wisata satu ini nampaknya sudah tidak asing lagi bagi kita semua, terlebih bagi kalian yang merupakan masyarakat Yogyakarta.

Destinasi wisata yang terletak di provinsi Yogyakarta ini juga turut dinobatkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO, dan menjadi salah satu candi Hindu terbesar di Asia Tenggara.

Candi Prambanan juga memiliki kisah masa lampau yang melegenda dikalangan masyarakat.

Kisah cinta dan pengorbanan dari Bandung Bondowoso yang ingin menikahi putri Roro Jonggrang.

Dalam kisahnya Roro Jonggrang bersedia menerima pinangan Bandung Bondowoso dengan syarat dibuatkan 1.000 candi dalam satu malam. Tidak kehabisan akal, Bandung Bondowoso pun meminta bantuan kekuatan gaib untuk mewujudkan permintaan tersebut.

Namun belum lengkap seribu candi dibangunnya, Roro Jonggrang meminta bantuan para warga untuk menumbuk padi agar ayam jantan berkokok. Hal ini menyebabkan jin yang membantu Bandung Bondowoso pergi sebelumcandi terselesaikan.

Bandung Bondowoso marah saat mengetahui bahwa semua itu adalah ulah Roro Jonggrang. Ia akhirnya menemui Roro Jonggrang, dan mengutuknya sebagai arca ke-1.000. Kini, arca itu bernama Roro Jonggrang, dan dapat ditemui di Candi Prambanan.

3. Gunung Tangkuban Perahu

Foto Tangkuban Perahu oleh Pixabay

Destinasi wisata ketiga yang terbentuk bedasarkan legenda di masa lampau adalah Gunung Tangkuban Perahu.

Sama dengan Candi Prambanan, destinasi wisata satu ini juga sangat populer dikalangan masyarakat.

Destinasi wisata yang menjadi andalan Jawa Barat ini begitu lekat dengan legenda yang menceritakan tentang kisah cinta terlarang antara anak dan ibu.

Menurut kisah yang berkembang, Gunung Tangkuban Perahu sendiri terbentuk dari perahu yang ditendang oleh Sangkuriang.

Diceritakan bahwa perahu tersebut adalah salah satu permintaan Dayang Sumbi sebagai syarat yang diberikan kepada Sangkuriang jika ingin menikahinya.

Selain perahu, Dayang Sumbi juga mengajukan syarat lain, yaitu meminta Sangkuriang untuk membendung sungai Citarum dalam satu malam.

Syarat ini diajukannya untuk menggagalkan Sangkuriang yang berniat untuk menikahinya. Sangkuriang pun meminta bantuan pada kekuatan gaib untuk membuat perahu dan membendung sungai dalam satu malam, sesuai dengan syarat yang diminta oleh Dayang Sumbi.

Karena hampir berhasil mewujudkan syarat tersebut, Dayang Sumbi berniat menggagalkannya dengan cara meminta bantuan penduduk.

Ia dan penduduk membuat suasana seakan-akan sudah pagi, dengan memaksa ayam berkokok dan menebarkan boeh rarang (kain putih hasil tenunan).

Kalut karena merasa dirinya dicurangi, Sangkuriang pun akhirnya menendang perahu tersebut hingga terbalik. Kini, gunung yang dianggap sebagai perahu Sangkuriang tersebut dikenal dengan Gunung Tangkuban Perahu.

Gunung Tangkuban Perahu juga termasuk salah satu gunung berapi aktif. Gunung berapi satu ini dikenal memiliki kawah vulkanik yang cantik. Lokasinya berada di ketinggian 2.084 mdpl yang mampu membuat para wisawatan terpesona dengan pemandangan indah yang memanjakan mata.

4. Danau Toba

Foto Danau Toba oleh Pixabay

Kalau mendengar kata Danau Toba kira-kira apa yang ada di benak kalian?

Danau cantik yang begitu terkenal dari Provinsi Sumatra Utara?

Itu sudah pasti. Bahkan danau yang memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km ini berhasil dinobatkan sebagai danau terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara.

Menurut penelitian para ahli geologi, Danau Toba terbentuk akibat adanya letusan gunung berapi super vulkanik, yakni dari Gunung Toba. Letusan yang terjadi sekitar 73.000-75.000 tahun lalu ini terjadi begitu dahsyat sehingga dampaknya tak hanya di rasakan penduduk Indonesia, tetapi juga seluruh dunia.

Menurut ahli juga ada beberapa dampak yang dirasakan akibat letusan dahsyat tersebut, yaitu mulai dari terjadinya perubahan iklim dunia hingga turun mencapai 5 derajat celcius, pencemaran debu vulkanik yang sebarannya mencapai Kutub Utara, memusnahkan sekitar 60% populasi manusia dan mahluk hidup lainnya, hingga menyebabkan terciptanya kaldera yang kemudian dipenuhi dengan air yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba.

Sementara akibat tekanan magma yang tidak bisa keluar, mengakibatkan munculnya sebuah pulau di tengah-tengah danau tersebut dan yang kita terkenal dengan nama Pulau Samosir.

Berbeda dengan para Ahli geologi, masyarakat setempat justru mempercayai jika terbentuknya Danau Toba karena sebuah legenda yang terjadi di masa lampau.

Menurut cerita yang berkembang, Danau Toba terbentuk dari kisah seorang petani bernama Toba yang bertemu dengan seekor ikan berwarna emas.

Ketika telah dibawa pulang, ternyata ikan tersebut berubah wujud menjadi seorang putri. Singkat cerita, mereka pun akhirnya menikah, namun sang putri mengajukan satu syarat pada Toba agar Ia tidak boleh menyebutkan masa lalunya sebagai ikan.

Sayangnya, suatu hari Toba melanggar sumpah yang telah diucapkannya. Hal ini tentu membuat sang putri bersedih dan terus menangis.

Tangisan sang putri itu akhirnya membentuk sebuah danau yang kini kita kenal sebagai Danau Toba.

Selain memukau karena cerita tersebut, Danau Toba juga menyuguhkan pesona keindahan alamnya yang sangat menakjubkan.

Tak hanya itu, para wisawatan juga dapat melakukan berbagai kegiatan menyenangkan seperti bermain kayak, mendayung, hingga berkemah di sekitaran Danau Toba.

5. Pantai Air Manis

Foto Pantai Air Manis oleh Pariwisata Padang

Terakhir juga masih berada di pulau Sumatera, tapi kali ini kita terbang ke Sumatera Barat.

Di provinsi Sumatera Barat terdapat salah satu cerita legenda yang sangat tak kalah terkenal dengan legenda lainnya. Cerita ini sering dituturkan secara turun-temurun karena kisah ini dianggap memiliki nilai moral yang bisa mengajarkan setiap anak untuk selalu berbakti pada orang tuanya.

Pantai Air Manis begitu identik dengan cerita legenda Malin Kundang. Yaitu, cerita tentang seorang anak laki-laki yang durhaka pada ibunya.

Menurut kisahnya suatu hari ada seorang pemuda bernama Malin Kundang yang memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya setelah merantau dan sukses.

Sang ibu yang mengetahui hal tersebut merasa sangat senang karena anaknya yang dulu pergi akhirnya kembali.

Dipanggilnya sang anak oleh ibunya, namun sayang, Malin justru pura-pura tidak mengenali bahkan menolak kehadiran wanita yang telah melahirkannya itu.

Karena sedih lantaran tidak diakui putranya sendiri, Ibunya pun akhirnya murka dan mengutuk Malin kundang menjadi batu.

Batu yang menyerupai orang sedang bersujud itu berada di Pantai Air manis, Padang Selatan, Sumatera Barat. Kisah Malin Kundang yang sangat populer ini berhasil mengantarkan Pantai Air Manis sebagai salah satu destinasi wisata legenda terpopuler di Indonesia hingga saat ini.

Itulah 5 destinasi wisata keren di Indonesia yang terbentuk karena sebuah legenda di masa lampau dan wajib untuk kalian kunjungi saat liburan.

Related Articles

Stay Connected

20,753FansSuka
2,990PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles