29.4 C
Indonesia
Thursday, October 21, 2021

TAPAK.id

spot_img

49 Tahun Lalu, Kereta Parahyangan Beroperasi

Pada 31 Juli 1971, Perusahaan Nasional Kereta Api (PNKA) yang kini dikenal dengan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) meluncurkan Kereta Api Parahiangan atau Parahyangan. Kereta ini menyambungkan Bandung-Jakarta.

Kereta Api Parahyangan merupakan kereta api yang termasuk kelas bisnis. Di awal pengoprasian Parahyangan mampu menempuh jarak Bandung-Jakarta selama dua jam tiga puluh menit.

Dikutip dari Goodnewsfromindonesia.com, saat awal pengoperasiannya, kereta api ini sering beroperasi dengan lokomotif BB301 sebagai penarik. Lokomotif BB304 sempat dioperasikan sebagai penarik sebelum tergantikan oleh lokomotif CC201.

Pada tahun 1980-an, KA Parahyangan sempat menjadi pilihan masyarakat untuk bepergian menuju Jakarta maupun Bandung, hal ini dapat dibuktikan adanya pengoperasian KA Parahyangan dengan empat belas kereta dalam satu rangkaian.

Media 1990-an menjadi masa keemasan bagi Parahyangan, meskipun diluncrukan Kereta Argo Gede.

Parahyangan pernah mencapai 39 perjalanan pada 1998, termasuk perjalanan fakultatif maupun yang hanya berjalan pada musim libur.

Parahyangan dan Argo Gede menjadi tambang uang Perumka (Nama PNKA pada tahun 1991), mengingat tingginya minat masyarakat pada rute Bandung-Jakarta.

Demi meningkatkan okupansi penumpang, PT KAI sempat memberlakukan diskon tarif mulai 7 Maret 2008 sebelum layanan kereta api ini dihentikan pada 27 April 2010.

Kekecewaan yang muncul dari pelanggan karena KA Parahyangan dihentikan pengoperasiannya membuat PT KAI menghidupkan layanannya lagi. KA Parahyangan dilebur dengan layanan kereta Argo Gede di mana namanya menjadi KA Argo Parahyangan.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

20,753FansSuka
2,990PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles