21.4 C
Indonesia
Thursday, May 26, 2022
spot_img

3 Kata Bijak Dalam Bahasa Jawa Ini Memiliki Makna Mendalam

Sebagai orang Indonesia, sobat tapak pasti sudah tahu kan kalau di Indonesia ada banyak bahasa daerah yang digunakan di hampir setiap wilayah maupun provinsinya.

Indonesia juga menjadi negara kedua di dunia dengan bahasa daerah terbanyak setelah Papua New Guinea. Bahkan, melansir dari situs kemdikbud.go.id, ada 718 bahasa daerah yang digunakan dan tersebar di seluruh Indonesia.

Dari 718 bahasa tersebut, bahasa Jawa menjadi bahasa penutur yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, yaitu sekitar 100 juta jiwa yang menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari.

Nah, bicara tentang bahasa Jawa, kali ini kita akan membahas mengenai 3 kata bijak dalam Bahasa Jawa yang punya makna mendalam dan cocok untuk dijadikan sebagai motivasi hidup.

Nggak hanya itu, kata bijak dalam Bahasa Jawa ini juga bisa kalian gunakan sebagai caption untuk postingan di Sosmed lho.

1. “Memayun Hayuning Pribadi, Memayun Hayuning Kulawarga, Memayun Hayuning Sesama, Memayun Hayuning Bawana”. Kata bijak yang pertama ini memiliki makna bahwa sebagai makhluk ciptaan Tuhan, kita nggak hanya diminta untuk berbuat baik pada diri sendiri, tapi juga kepada keluarga, sesama manusia, makhluk hidup, dan bahkan seluruh dunia.

2. “Sabar Iku Ingaran Mustikaning Laku”. Meski terlihat singkat, kata bijak satu ini justru memiliki makna mendalam dan benar-benar luar biasa, yaitu kita harus selalu berperilaku dengan mengedepankan kesabaran. Karena kesabaran diibaratkan sebagai sebuah hal yang indah dalam kehidupan. Jadi, dengan selalu bersikap sabar terhadap apapun yang terjadi, maka akan ada banyak hal indah yang kamu dapatkan setelahnya.

3. “Aja Dadi Uwong Sing Rumangsa Bisa Lan Rumangsa Pinter. Nanging Dadiya Uwong Sing Bisa Lan Pinter Rumangsa”. Nah, untuk kata bijak yang terakhir ini artinya juga nggak kalah keren nih sobat tapak, yaitu Jangan jadi orang yang merasa bisa dan merasa pintar, tapi jadilah orang yang bisa dan pintar merasa.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

20,753FansSuka
3,333PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles